Serunya Backpakeran Di Nusa Penida



haiii sahabat traveler !

Gak,terasa sudah masuk bulan agustus nih . Masih terasa banget suasana kemerdekaanya ya . Gimana-gimana ? Sudah ikut lomba apa aja kemarin ? Atau banyak teman-teman yang ngerayain 17an di puncak gunung nih ? Meskipun tanggal 17 agustus kemarin adalah tanggal merah terakhir di tahun ini, kita harus tetep happy ya .. masih bisa jalan-jalan kok , tenaaaaanggg ! Oya , buat kamu yang ingin liburan santay ala backpakeran juga bisa nih , karena di tulisan sekarang aku mau share serunya backpakeran di nusa penida selama dua hari satu malam . btw, sebelum memutuskan untuk backpakeran sebaiknya teman-teman cek dulu destinasi yang di tuju seperti apa . karena definisi backpakeran sendiri bukan berarti kita harus merasa gak nyaman untuk traveling bahkan sampai merepotkan orang lain ya :) . tetapi disini , bagaimana kita bisa tetep jalan-jalan dengan budget hemat dan tetap nyaman serta nikmatin liburannya. 

nah, baru-baru ini aku habis backpakeran ala-ala sama teman aku . just two of us seperti biasa . saat itu kebetulan ada kerjaan di bali dan kita extend biar bisa sekalian trip ke nusa penida. jadi boleh di bilang backpakeran kali ini gak full2 banget konsepnya ya .. hehe …

ohya kemarin juga banyak yang tanya budget nya . boleh aku spill sekalian disini juga ya … dan yang paling penting saat memutuskan backpakeran gini , pilih travelmate yang cocok dengan kita . disini, maksudnya bukan pilih-pilih teman ya, tapi bisa dbayangkan kan kalo ketemu temen trip yang jatohnya malah nyusahin dan gak bisa di ajak kerjasama . bagi tugas mengenai itinerary bersama temen trip kamu. ketahui transportasi yang nanti akan di gunakan untuk akomodasi. terbuka soal budget juga sangat penting buat aku sih.

ok, sekiaaan ! mari kita letsgow ya bestie …

perjalanan kita mulai di tanggal 20 juni kemarin (udah hampir 2 bulan dan baru sempet nulis sekarang :( ) ke bali pake flight pagi dan sampai bali itu ita sekitar jam 10 WITA, daaaan karena konsepnya se hemat mungkin , jadi dari bandara kita pake trans metro daaaaan tadi niatnya ingin berhenti di sanur dermaga . eit tapiiiii ternyata gak lewat sih ini bus nya hehe..Jadi sesuai jalur bus, kita berhenti di halte depan pasar badung . Dari sini, sebenarnya kita bisa banget naik bus lagi yang menuu sanur , tetapi karena ingin menghemat waktu akhirnya diputuskan untuk naik gojek dari depan pasar badung ke sanur dengan biaya RP.18k saja . Finally,  nyampe sanur tepat waktu sesuai ekspektasi dan kita langsung beli tiket kapal menuju nusa penida . Ikut keberangkatan jam 13:00 wita dan langsung beli tiket PP seharga Rp.150.000 . Perjalanan ke nusa penida di tempuh dalam waktu kurang lebih 50 menit .daaaan akhirnya kita tiba di dermaga banjar nyuh , saat tiba disini kita putuskan untuk langsung sewa motor selama 2hari 1 malam dengan biaya sewa saat itu Rp.130.000. Saat keluar dari dermaga dan memasuki nusa penida , kita akan bayar kontribusi sebesar Rp.25.000

( Kapal nyebrang PP 150k )


And here we goooooo !!!

Saat tiba di nusa penida , kita putuskan langsung gasss explore ya bestie . Tidak transit ke hotel dulu karena takut mager nantinya . Hehe! Day 1 explore nusa penida kita langsung menuju paluang cliff yang berjarak kurang lebih 12,9km dari dermaga banjar nyuh. Perjalanan lancar dan karena memang sudah siang jadi rute menuju paluang cliff tidak terlalu padat kendaraan , hanya saja untuk akses jalan yang berbelok-belok turun naik memang sangat mengharuskan kita untuk stay fokus ya bestie .. tiba di paluang cliff langsung di suguhan view sangat aman keceee ! Dan banyak banget spot foto dan video disini. Hmmm, lumayan menghabiskan waktu lama disini ,kita explore dari ujung ke ujung sampai akhirnya pas mau balik , kita minta uang masuk Rp.30.000 . Eits, kenapa gak pas masuk nih di tagih uang masuknya ? Mungkin karena saat masuk emang kita riweuh banget dan terlalu antusias untuk explore sampai lupa bayar uang tiket masuk ! Hehe .. so far, puasssssss explore paluang Cliff ! 



Next , lanjuttt dari paluang cliff kita menuju kelingking beach . Jarak tempuh sekitar hanya sekita kurang lebih 1km dan saat itu kelingking beach lumayan ramai oleh wisatawan dalam dan luar negri . Seruuuuu … karena akhirnya aku ikutan antri buat foto dan take video disini . Masuknya free sih happy banget  . Hanya bayar biaya parkir motor saja . Dari parkiran motor menuju lokasi view juga gak terlalu jauh . Cukup jalan kaki aja bestie . Kalo kemarin-kemarin liat kelingking beach dari sosmed aja, sekarang akhirnya bisa nikmatin langsung .huhu ..

Lanjut bestie , ngos-ngos an sih tapi kita hajar aja ya biar ke kejar semua destinasi sesuai itinerary day 1. Dari kelingking beach lanjut explore ke broken beach . Jarak tempuhnya lumayan , sekitar 60 menit dengan kecepatan normal . Disini tiket masuknya juga free , hanya bayar kontribusi parkir sebesar 5k rupiah. Jujurly , nyampe sini emang agak ke sorean .Tapi btw gak salah juga sih karena tadinya mau ngejar sunset disini . Hanya saja, pas baliknya jadi terlalu malem dan keburu gelap huhu. Balik dari sini menuju hotel sekitar jam 6 sore . Kebetulan saat itu kita menginap di krusty hill nusa penida dan dari broken beach menuju hotel di tempuh dengan jarak 12km . WOW !!! . Naik motor cewek berdua dari jam 6 sore menepuh 12 kilometer perjalanan menuju hotel itu rasanya deg deg serrr banget! Basicly emang aku percaya banget kalo disini aman , tidak ada begal dan semacamnya . Hanya saja, sebagai manusia normal yang naik motor melewati hutan dengan keadaan cahaya sudah gelap huhuuuu rasanya tegang juga wkwkkw..  percaya sih kalo sepanjang jalan dalam hati baca sholawat dan istigfar . Saat itu rasanya happy banget saat melewati perkampungan dan ketemu manusia walaupun hanya sebentar terus ketemu hutan lagi . Dan finally sekitar jam 19.39 WITA kita landing di hotel ! mari bersama-sama ucapkan ALHAMDULILLAH .

( Si paling sarapan popmie )


Menginap di Crusty Hill NUsa penida juga menyenangkan , syahduuu aja gitu tempatnya enak buat ber istirahat karena memang konsep penginapan ini ala-ala resort gitu . Meskipun tidak terlalu luas, tapi buat tidur emang enakeun pisan ! Dan enaknya disini , resto di dapurnya itu outdoor dan deket lokasinya strategis jadi deket kalo butuh apa-apa terutama buat yang suka laper malem-malem kayak aku :’) . Bukan self service juga sih , karena malam itu aku lumayan bikin repot yang jaga buat rebusin air karena mau makan pop mie ! Wajib kasih bintang 5 banget ini mah di google review .. 


Well , lanjuuut di hari kedua ! Explore hari kedua di nusa penida kita start berangkat sekitar jam 8 pagi . Bensin motor aman ? Oh tentu tydaaaak besti ! Pastiin cek bensin motor ya, saat itu kita isi bensin sekitar 30k udah cukup kok karena hari kedua ini kita hanya akan trip sampai siang hari saja dan terjadwal balik ke sanur bali di sekitar jam 3-4 sore . Kemana saja di hari kedua ? Khusus itinerary hari kedua kita menuju ke arah diamond beach , Raja lima dan kalo masih ada waktu akan lanjut explore yang deket-deket dermaga saja . Ok , destinasi pertama yang akan di kunjungi adalah diamond beach , dan disini kita perkir di area atuh beach . Biaya masuk kesini RP.10.000/ orang dan kontribusi parkir motor sebesar Rp.5000 rupiah . Aku juga baru tau ini mah atuh beach se dekat itu dengan diamond beach . Memang disini view nya tidak pernah gagal , meskipun menempuh perjalanan sejauh 27KM tapi dijamin gak akan nyesel  sih pas udah nyampeee. Untuk view diamond beach kita bisa foto-foto dri atas ya , tapi buat temen-temen yang mau turun ke pantainya juga boleeeeeh banget . Cuman kemarin kita sampai di tengah2 aja, gak sampe bawah banget karena faktor mengejar waktu untuk balik ke dermaga . Huhu ! Tapi gak apa-apa karena setelah puas explore atuh beach dan diamond beach , perjalanan kita lanjutkan dengan explore ke Raja lima denga jarak tempuh hanya sekitar 1KM . Disini banyak seklai spot2 yang wajib di kunjungi . Untuk kontribusi parkir motor bayar sebesar RP.5000 ya . Ada beberapa point yang bisa teman-teman explore disini . Daaaaan jika memang punya banyak waktu, satu hari cukup sih untuk puas-puasin explore . Dan btw, lagi-lagi karena di buru oleh waktu , akhirnya kita putuskan untuk memilih salah satu spot saja untuk di explore . Dan pilihan jatuh ke tree house molenteng . Biaya masuk ke tree house yang tadinya setau aku hanya RP.50.000 sekarang naik yagesyaaa jadi Rp.75.000/ otang dan untuk berfotot di tree house kita di beri waktu 10 menit/orang . Untuk menuju ke tree house ini lumayan ngos-ngosan dan menguras nafas sih haha ! Karena lumayan jauh jalannyaaa meskipun sudah di sediakan anak tangga tapi jangan sampai gak bawa minum ya .dan jangan kaget kalo antri nya juga panjaaang . Pastikan kita punya stok sabar yang banyak ya saat di sini . Beres ngonten  di tree house kita lanjut turun lagi nih , dan enaknya nanti di bawah ada kafe ala-ala gitu jadi kita bisa istirahat dulu disini sambil nge jus atau minum es kelapa dengan view raja lima . Wajibbb sih istirahat disini , biar otak plong abis panas-panasann . Range harga makanan dan minumanya juga gak nguras dompet , sekitar 20k-25k saja . 


Gasssss gak nih lanjut ke next destination ? 

Jadi . Tadinya ini adalah spot terakhir kita hari ini sebelum balik ke dermaga banjar nyuh . Tapi karena saat itu masih jam 1 siang dan diperkirakan perjalanan hanya memakan waktu 1-1,5 jam saja sepertinya kita sempet explore satu tempat lagi. Jadi , kita sempetin untuk mampir sebentar ke crystal beach . Wuwwww, sampe sana ternyata penuhhhh guysss. Karena saat itu cuaca di nusa penida juga lagi panas-panasnya jadi emang pas banget buat wisatawan terutama wisatawan asing untuk berjemur di pantai sambil nikmatin es kelapa . Review sedikit crystal beach yaaaa …. Aslinya sih ini pantainya emang baguuussss dan airnya emang jernih ke biru-biruan khas laut bali banget ! Banyak yang berenang disini jugaa . Hanya saja , karena saat itu suasana pantai lagi rame-ramenya jadi kita beneran kurang fokus untuk ngonten disini . Dan kaerna saat itu sudah mau jam setengah 3 sore jadi sat set sat set kita langsung putuskan untuk meluncur kembali ke dermaga banjar nyuh untuk melanjutkan perjalanan kembali ke sanur , bali .


Se Seruuuuuuu itu siiihhhhh ….dan Se Menyenangkan ituuu ! 

Btw , sekarang sudah mau akhir agustus aja nih . Lanjut trip kemana lagi donk kitaaaa …


Happy Trip ! Stay Healthy And Stay Happy teman-teman ….


_ nad2 _



Comments

  1. Nusa Penida selalu menyimpan keindahan yang paripurna sih apalagi pantai dan lautnya indah banet, banyak spot foto yang ciamik dan bakalan adem banget nikmatin sunset disana ya kan

    ReplyDelete
  2. hua seru banget sih udah bisa jalan-jalan, saya juga beberapa waktu kemarin ke keliling Bali juga, sayangnya ga mampir ke Nusped

    ReplyDelete
  3. belum pernah main ke nusa penida ih akuu, jadi pengen ke sana juga kapan kapaaan, kata temenku juga emang di sana baguuus hiihi

    ReplyDelete
  4. Pulangnya lewat hutan yang hampir gelap, jadi ikut deg-degan. Dan iya sih, kalau daku mah udah baca-baca doa dah hehe

    ReplyDelete
  5. Mbak berarti nusa penida itu daerah sanur ya? Noted pingin ke sini sama suami. Hehe. Bikin itenerary dulu ah supaya terencana. Aku pingin ke pantai2 nya euy

    ReplyDelete
  6. Pernah kesana pas honeymoon, dan emang nusa penida itu sebagus itu ya tempatnya, pantesan aja banyak yang backpackeran kesana :D

    ReplyDelete
  7. Huaaa kurindu backpackeran, sepertinya next aku agak susah backpackeran nih jadinya koperan, soalnya kalau jalan-jalan pasti harus ber4. Hehe

    ReplyDelete
  8. Seru banget bisa travelling ala backpacker, mimpi aku banget deh menjelajahi beberapa tempat, explore kuliner dan lainnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Biaya Ke Pasar Terapung Lokbaintan Banjarmasin yuk !

Tiket masuk Telaga Biru Cicerem .

Surga di Labuan Bajo