Ini Dia Biaya Open Trip ke Labuan Bajo !!!

 

(Kelor island)

Haiiiii ..

Gak terasa , sebentar lagi memasuki bulan suci ramadhan nih . Gimana ? Sudah ada rencana untuk mudik ? Setelah 2 tahun terakhir ini terkendala susah mudik ? Kemana pun mudiknya nanti, semoga semua dilancarkan dan bisa bersenang-senang bersama keluarga tercinta :) 

H-10 ramadahan ini adakah teman-teman yang sudah merencanakan traveling after lebaran ? Atau sekarang sedang menikmati jalan-jalan alias trip tipis-tipis sebelum ramadhan ? Wow ! Seru syekaliiiii rasanya bisa jalan-jalan terus ya . Tapi btw , adakah teman-teman disini yang suka ikut open trip saat traveling ? Atau lebih nyaman menjadi solo traveler ? Atau mungkin teman-teman merasa lebih nyaman traveling bersama pasangan atau sahabat ? Aku sih YES semua kecuali solo traveler aku belum pernah dan belum berani. 

Sekarang lagi pengen share tentang traveling saat ikut open trip . Boleh di bilang ini bukan pengalaman pertama juga sih , karena memang pernah beberapa kali ikut open trip dan so far menyenangkan. Dan aku mau share open trip saat main ke labuan bajo nih …. Yeay!! Karena banyak juga temen-temen yang nanya berapa biaya open trip ke labuan bajo . Fyi , memang saat ini labuan bajo adalah salah satu destinasi yang menjadi tujuan wisatawan dalam dan luar negeri juga ya . Dan sangat banyak lho travel agen yang jor-jor an dengan biaya open trip ini. Nah , sebelum memutuskan untuk ikut open trip ada baiknya teman-teman memikirkan beberapa hal terlebih dahulu ya. 

( Beautiful of padar island)


Apa aja sih yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk ikut open trip ?

* pertamaaaa banget , pastikan diri kita baik-baik saja ! Artinya kita adalah orang yang tidak apa-apa jika berada dalam kondisi harus jalan bareng dengan orang baru . Poin penting banget sih karena akan sia-sia perjalanan kita jika di awal saja kita sudah merasa risih dan tidak nyaman dengan orang baru. Jangan sampai sudah lama nabung buat jalan-jalan tapi endingnya sad banget saat trip gak enjoy 

* tidak perlu pinter basa-basi yang penting gak baperan !  ok, basa basi itu boleh di bilang penting gak penting sih ya . Tapi kalo aku pribadi, saat memutuskan untuk ikut open trip aku lebih banyak ngalir dengan obrolan yang di buka oleh temen-temen dan tour leader. So far , anak yang cenderung pendiam pun gak masalah ikut open trip dan bertemu dengan orang baru . Karena nanti saat kita suda bertemu dengan teman-teman baru , percaya deh 1 dari 10 orang teman baru akan ada yang cocok dengan kita . Poin pentingnya jangan mudah baper aja. One day saat trip kita ada mendengar celotehan-celotehan yang tidak sejalan dengan kita , its okey .. tidak usah di masukan ke hati . Cukup dengarkan, haha-hihi alias ketawa bareng dan enjoy your trip .

* penting untuk menyediakan obat-obatan pribadi . Meskipun kadang aku juga suka lupa kalo punya masalah dengan lambung . Dan yang selalu aku ingat itu selalu bawa tolak angin aja :’(  padahal bawa promag juga sangat penting ternyata . Btw, teman-teman juga yaaa pastikan bawa vitamin dan obat-obatan sendiri biar gak ngerepotin temen-temen trip nya .

* Bawa uang cash jangan lupa ! Karena saat kita trip ke tempat-tempat tertentu , ada saat gak bisa cashless . Dan biasanya saat di akhir perjalanan (meskipun gak wajib) akan ada tradisi patungan bareng buat ngasih tips terpisah untuk tour guide . Entah ini tradisi darimana, tapi kalo temen-temen mau ikutan patungan hayu , kalo gak juga gakpapa . Karena jujurly, aku pernah gak ikut patungan dan memilih untuk ngasih tips sendiri secara terpisah aja . 

* Last but not least , pilih travel yang trust ! Caranya ? Bisa lihat testimoni travel nya , lihat juga perusahaanya seperti apa , postingan di media sosial nya seperti apa , kalo lagi rajin ya boleh banget cari tau juga owner nya siapa .

(Sailing bareng, ngelamun bareng )


Nah , ngomong-ngomong tentang open trip , gimana kalo aku bahas biaya open trip saat ke labuan bajo ? Well, saat itu aku ikut open trip bareng indonesia juara trip (IJT) . Untuk biaya yang di tawarkan IJT beragam , mulali dari yang standar sampai yang vvip . Karena dari awal konsepnya low budget , sudah pasti aku ambil yang standar . Saat itu di harga 2,1juta Rupiah untuk sailing 3hari 2malam  di labuan bajo ( belum termasuk tiket pesawat dan hotel jika memutuskan untuk datang H-1 dan pulang H+1 after sailing ). Untuk open trip selalu di buka setiap weekend (jumat-sabtu-minggu) start dari jam 10am di hari jumat dan berakhir di jam 11am di hari minggu . Kenapa aku memilih IJT sebagai partner ? Karena menurut aku trust dan profesional. Btw admin nya juga fast respon dan sabar banget.. ohya, saat memilih tanggal pastikan kita sudah melakukan pembayaran uang muka 50 persen dan sisanya boleh dibayarkan satu minggu sebelum hari-H . Pertanyaanya ? Bagaimana jika pada tanggal tersebut kita tidak bisa pergi atau cancel ? Jika alasannya karena kita yang tidak bisa pergi , biasanya uang muka akan hangus , dan apakah bisa di gantikan dengan orang lain ? Tentu saja teman-teman bisa langsung rundingan dengan pihak travel nya langsung , karena saat kita sudah membayar DP dan menentukan tanggal keberangkatan artinya kapal untuk tanggal tersebut sudah di kunci untuk kita . 

Setau aku , setiap open trip akan selalu ada syarat minimum peserta . Waktu aku ikut IJT , syarat minimum peserta adalah 10 orang . Dan aku juga bertanya , bagaimana jika kita sudah bayar DP tetapi pada tanggal tersebut kuota peserta tidak sampai 10 orang ? Sementara aku sudah beli tiket pesawat dan booking hotel di labuan bajo H-1 sailing ? Gak usah khawatir bestie !! Karena IJT akan memberikan pilihan re schedule ATAU tetap akan berangkat menggunakan partner dari IJT. Fine ya ? Its our dream  :)

Nah , dengan biaya open trip 2,1juta apakah kita harus keluar uang lagi untuk keperluan lain selama trip ? Biasanya tidak , kecuali untuk jajan pribadi diluar paket trip . Tapi khusus untuk ke labuan bajo, saat ke taman nasional komodo biasanya akan ada biaya tambahan masuk kesini dan untuk tips komodo ranger , padar ranger . Dari yang aku survey , harga yang di tawarkan beda-beda. Kalo di IJT di patok dengan harga Rp.300.000 untuk WNI. 

( Taman nasional komodo)


Kelebihan dan kekurangan ikut Open Trip

Btw, penting juga untuk kita tau kelebihan dan kekurangan saat kita memutuskan untuk ikut open trip . 

Bahas kelebihan dulu yaaaa..

* simple , karena kita terima beres . Gak perlu pusing memikirkan itinerary :)

* lebih hemat karena paket open trip biasanya sudah termasuk biaya makan 3x sehari + snack dan air mineral 

* bisa sharing tips sama temen-temen 

* sudah ada tim dokumentasi jadiiiiii ya BAGUS . Gak usah terlalu pusing memikirkan spot mana yang bagus untuk take foto dan video . Dan pengalaman aku menggunakan IJT , mereka juga sudah sediakan drone jadi aku pastikan konten kita akan keren :)

* bisa nambah temen baru dan nemu jodoh jika beruntung :) 


Sekarang bahas kekuranganya yaaaa …

* tidak bisa pilih-pilih makanan :) jadi kalo ada alergi dengan makanan tertentu sebaiknya bilang di awal sebelum ikut open trip biar nanti mungkin bisa di sesuaikan lagi untuk menu makan kita 

* harus siap antri berbagi kamar mandi dengan peserta open trip :) . Apalagi saat sailing kita akan sama-sama terus di kapal selama 3 hari jadi yang sabaaaaaaaarrrrrr. 

*siap-siap mendengar becandaan yang bisa saja menurut kita gak lucu wkwkwkkw. Karena setiap orang memiliki gaya bercanda nya masing -masing 

* siap-siap melihat kebiasaan baru seseorang yang mungkin asing di mata kita . Intinya enjoy saja selama tidak merugikan kita .

(See you next trip teman-teman)


Jadi gimana-gimana ? Apa temen-temen tertarik untuk nyoba traveling dengan konspe open trip ? 

Saa ya !!!


Comments

  1. Pengen banget jalan2 ke pantai akuh,ngerasain main pasir,kena air laut,liat sunset dan sunrise. kangen berat. Labuan bajo masukin ke bucket list ah.

    ReplyDelete
  2. KAlau mau ngetrip dan sudah rapi, tinggal jalan emang bagusnya milih tour travel biar lebih gampang dan mudah dong ya. Semua terorganisir dengan rapi dan gampang

    ReplyDelete
  3. Aaaa udah lama banget tau tempat wisata satu ini karna emang bagus banget buat liburan apalagi bareng keluarga,pas liat lagi postingan ini autoooo pingin bangettt kesana bagus banget ini view nyaaaaa maa syaa Allah 😍

    ReplyDelete
  4. Thanks tips nya kak, iya nih perlu banget siap2 sebelum trip. Apalagi klo kita ikut tour travel yg sharing sm orang lain, kebiasaannya beda2 pasti.

    ReplyDelete
  5. Kalau ke Pulau Komodo nya daku belum nih.
    Labuan Bajonya baru sampai Pulau Rinca. Next semoga bisa ke sana lagi

    ReplyDelete
  6. Aku baru pertama kali ikutan open trip, waktu itu ke Ujung Kulon. Seru banget. Nambah teman baru dan pengalaman baru. Menurutku harga yang ditawarkan open trip terjangkau bisa dipaskan dengan budget

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tiket masuk Telaga Biru Cicerem .

Surga di Labuan Bajo

Intip Biaya Ke Pasar Terapung Lokbaintan Banjarmasin yuk !