Trip Lombok 4D3N with TimeGap Indonesia

(Holiday resort )


Haiiiiiii ….

Awal bulan di Bulan February 2022 nih ! Tepat di hari ketiga .. hmmm gak berasa atau berasa banget nih ?

Mumpung masih belum terlalu lama , aku mau share cerita tentang trip lombok kemarin . Btw, mungkin teman-teman sudah sering ya ke lombok :)  jujur kalo aku baru pertama kali. Jadi bener-bener seneng banget lah ! Apalagi dalam setahun terakhir ini ternyata aku di takdirkan bisa berkunjung ke Nusa Tenggara Timur & Nusa Tenggara Barat. Its my dream :) !!

Ohya , aku ke lombok gak sendiri , tapi bareng teman-teman trip 4 orang . Dan kami semua di kasih trip gratis dari TimeGap . Teman-Teman sudah tau TimeGap ? Jujurly , akupun baru tau sejak sekitar november-desember 2021 kemarin. Dan mulai mengerti cara gunain aplikasi ini sejak januari 2022 sebelum kita trip ke Lombok . Jadi ternyata , TimeGap itu aplikasi yang kereeeeeen banget menurut aku ! Kenapa keren ? ini honest review dari aku sebagai seorang “freelancer” dan siapa tau aja banyak teman-teman freelancer yang kebetulan baca blog aku dan tertarik :) 

Btw, sebelum cerita trip Lombok kayaknya seru kalo aku share tipis-tipis apa itu TimeGap ya . 



Jadi timeGap adalah aplikasi penyedia jasa para profesional . Dan menurut aku sangat cocok untuk para freelancer . Bisa banget dapet client baru disini . Karena para user TimeGAp juga sudah tersebar di Seantero Indonesia. Hmmm Contoh !! Aku suka traveling . Passion aku selain suka bikin content traveling aku juga suka banget write something 'bout my trip journey. dan aku daftarkan diri di aplikasi TimeGap sebagai provider penyedia jasa “tour Guide Lokal” dan karena aku domisili bandung, semoga saja nanti jika teman-teman main ke bandung dan membutuhkan jasa tour guide bisa contact aku di aplikasi TimeGap :) dan seru nya lagiiiii akupun bisa nyari jasa lho di aplikasi ini . Mulai dari photographer , videographer , MUA dan banyak lagi . Nyeselllll banget baru tau ! Karena terus terang aja aplikasi TimeGap ini bener-bener bisa menjadi penghasilan baru untuk kita . Apalgi dimasa-masa after covid gini. Tau sendiri kan susahnya nyari job gimana 2 tahun terakhir ini :( . Ohya btw aku suka nulis juga , bisa jadi aku daftar jadi writer freelancer di TImeGap ya . Siapa tau ada yang butuh jasa nulis kali-kali cocok ya khaaan …peluang banget nih buat temen-temen blogger ! Yuk bisa yuuuuuuuuk .


Yawdah , sekarang lanjut mau cerita trip Lombok ! Jadi kemarin itu kita berangkat hari kamis 13 januari 2022 . Jadwal penerbangan yang harusnya jam 11:00 Wib tiba-tiba dapet info di majuin ke jam 04:30 pagi :) dan itu kita dapet infonya sore rabu saat aku lagi sibuk mikirin outfit wkwwk ! Kebetulan banget belum beli tiket bis primajasa ke bandara , akhirnya habis magrib aku cuss swab antigen dan beli tiket bis untuk keberangkatan jam 23:00 karena jam 01:30 kita udah janjian bakal ketemuan di bandara . Dan seperti biasa , karena perjalanan tengah malam itu sangat lancar jadi waktu tempuh ke bandara jadi berasa cepet banget. Jam 01:15 aku udah nyampe soeta donksss. Untung gak sendiri , temen aku syanaka udah nyampe juga ternyata jadi lumayan gak gabut kan di bandara jam segitu :) gak lama di susul sama kak gina dan kak very dan kita berpelukaaaaaan ! Eh gak denk , kita kenalan :) 

(Ayam bakar Taliwang & kangkung plecing)


Perjalanan alhamdulilah lancar . Transit di surabaya sebentar dan gak sempet ke ruang tunggu juga sih karena pas landing di bandara juanda kita langsung di panggil untuk  masuk ke pesawat melanjutkan penerbangan ke kota mataram. Padahal pengen lama-lama di juanda buat wisata masa lalu ! Wkkwkwwkwk…. Dan tiba di bandara zainudin abdul madjid - Lombok pun tepat waktu . Sekitar jam 09;00 Wita kita sudah tiba di bandara dan langsung di jemput oleh tour guide lokal dari TimeGap. Perjalanan langsung di lanjutkan ke rumah makan . Kebetulan banget belum sarapan jadi makan pagi dan makan siang bisa sekalian di gabung . Kita mampir di Rumah makan “Taliwang Irama 3”  . Makan disini rasanya nikmaaaaat banget ! Selain laper , menunya juga manteppp ! Kebetulan disini kita di sajikan ayam taliwang dan kangkung plecing . Makanan khas taliwang yang di populerkan di pulau lombok.  Dan setelah makan siang , kita lanjutkan perjalanan menuju Holiday Resort Hotel . Dan karena day 1 ini kita masih acara bebas jadi after chek in udah pasti aku tiduuur  :) ngumpulin tenaga dulu karena sore pengen jalan-jalan di sekitar resort aja sambil jalan di pantai senggigi belakang resort . Nikmatin sore di pantai senggigi bikin mood naik banget .. nambah satu personil trip lagi yang baru aja landing di lombok nih .. ada kak aan yang sore itu langsung ngajak kita ngonten bareng di pantai.. seruuu !!! 

(Gili nanggu before snorkeling)


Okay , lanjut di hari kedua ! Hari kedua kita ngapain aja ?sesuai dengan itinerary , di hari kedua ini kita akan main dan snorkeling di 3 gili . Berangkat dari hotel sekitar jam 9 pagi dan tujuan pertama kita adalah Gili nanggu . Gili Nanggu ini terletak di selat lombok atau di pesisir barat pulau lombok . Gili nanggu di ambil dari bahasa masyarakat setempat (sasak) TANGGU yang artinya ujung (sisa) . Main di pasir pantai sebentar karena cuaca yang cukup terik , akhirnya kita pada sepakat untuk langsung snorkeling. Semua udah pada gercep kecuali aku yang gak bisa renang . Wkwkwk !! Tapi aku tetep lah ikutan snorkeling pakai pelampung dan berkat dorongan dan support teman-teman aku pasrahkan diri melepas pelampung sebentar biar bisa nyelam liat ikan-ikan cantik di bawah laut ! Duh…. Mood banget pengen ngulang lagi gak sih :) 


(Nyelem lho ini aku :' )


Puas di gili nanggu dan udah lewat jam makan siang lho padahal. Wkwkwk .. saking asyiknya main air disini sampe lupa lunch . Dan kita lanjutkan perjalanan ke gili sudak . Di gili sudak ini kita sudah di jadwalkan untuk makan siang sambil nikmatin suasana tepi pantai . Btw laut di gili sudak ini juga landai dan bersih jadi suasanya berasa tenang banget . Puas nikmatin makan siang disini kita lanjutkan perjalanan ke gili ketiga yaitu gili kedis . Istilah kedis dalam bahasa sasak berarti burung kecil atau pipit, dinamakan kedis mungkin karena pulau ini memang kecil dan bisa jadi yang terkecil di antara gili di lombok . gili kedis juga sering di juluki dengan ‘romantic island’ dan ada juga yang menyebutnya dengan pulau cinta karena saat air surut , pulau ini terlihat membentuk ‘love’ jika dilihat dari atas. 


Selesai bermain-main di tiga gili kita kembali ke dermaga . Gak kerasa emang sudah sore aja nih dan saat perjalanan pulang , kita sempet mampir di salah satu mesjid di kota mataram . Kita mampir di mesjid Hubbul wathan islamic centre . Btw mesjidnya sumpaah sih keren banget . Ini mesjid nya yang keren apa aku yang terlalu norak :’)  halaman mesjidnya aja udah luaaaasss banget . Di lantai satu ada kamar mandi dan untuk ruang sholat dan wudhu ada di lantai 2 trus naik ke lantai 2 nya pake eskalator .   Iiiiiiiiih kereeeeen atuhlah ! Selesai istirahat dan sholat disini perjalanan kita lanjutkan ke resto untuk makan malam sebelum kembali ke hotel .

(Menenun di sukarare)


Ok.. lanjut cerita hari ketiga gak nih ? Lanjut donk yach . Hari ketiga kita di jemput lebih awal dan berangkat jam 8 pagi dari hotel. Sayang syekaliiii di hari ketiga ini perut aku gak enak banget dari pagi . Sarapan gak enak :( minum obat juga udah tapi tetep gak enak . Aku sampe mikir ada salah makan apa ? Padahal lidah aku sudah terbiasa makan apapun bahkan makan makanan pedes sekalipun amaaaannn… sampe akhirnya aku menyimpulkan sakit perut ini karena kebanyakan ‘minum air laut saat snorkeling kemarin’ :’( . Yasuda sih kita skip cerita sakit perut ya , karena hari ini bener-bener spesial banget. Sesuai itinerary , hari ini kita akan berkunjung ke desa tenun sukarare . Perjalanan di tempuh sekitar 1 jam 45 menit .

(Baju adat suku Sasak)


saat tiba di desa tenun sukarare kita langsung di sambut ramah dan langsung di persilahkan untuk melihat-lihat proses menenun dan asyiknya kita juga bisa belajar langsung menenun disini . Gampang - gampang susah sih tapi banyakan susahnya ! Makanya kalo beli kain tenun asli gini jangan suka nawar ya teman-teman karena bikin nya penuh perjuangan wwkwkw . Gak cuma sampai disini saja karena kita juga langsung  nyoba pakai baju adat  sambil foto- foto ala suku sasak di tempat ini . 


(Desa Sade)


Setelah selesai dan puas di desa tenun sukarare lanjut perjalanan ke dusun/desa sade . Desa Sade berlokasi di Rembitan, kabupaten lombok tengah. Di sini tempat bermukimnya suku sasak . 

( Tari Petuk )


Dan saat itu kebetulan kita di sambut dengan  “TARI PETUK” Tarian ini ditampilkan untuk menghibur anak-anak yang baru selesai di khitan dan bisa juga untuk menghibur tamu yang datang karena sifatnya yang lucu . Tarian ini juga di iringi dengan iringan musik ‘gendang beleq’ belek yang dalam bahasa sasak artinya besar . Ada sekitar 700 jiwa yang tinggal di desa sade ini karena saat ini warga desa sade masih melakukan pernikahan dengan sesama suku sasak atau masih ada ikatan keluarga jadi masih bener-bener terjaga keaslian suku sasak ini. rumah-rumah yang ada di desa sade  semuanya berdinding bambu dan lantainya terbuat dari tanah liat yang di campur dengan sekam padi dan untuk atapnya terbuat dari daun alang-alang kering . 


( Mandalika circuit)


Waktu terasa cepet banget disini karena gak berasa udah mau jam 12 aja sih . Finally kita lanjutkan perjalanan ke mandalika sircuit . Sirkuit yang saat ini menjadi primadonanya kota lombok dan indonesia hingga mancanegara. Seneng banget donk bisa main ke mandalika coz its my dream !!! Kita emang gak bisa langsung masuk ke dalam sirkuit , tapi kita bisa melihat langsung sirkuit mandalika ini dari atas ‘bukit seger’  . Menanjak jalan kaki ke bukit seger gak memakan waktu lama . Hanya sekitar 5 menit saja dan kita sudah bisa menikmati view pantai yang keren banget , bisa melihat mandalika sirkuit dan bisa melihat bukit merese juga dari kejauhan . For your information Sirkuit mandalika ini di resmikan oleh bapak presiden joko widodo pada 12 november 2021 . Berada di kabupaten lombok tengah dengan nama resmi pertamina mandalika international street circuit . Panjang sirkuit mandalika ini 4,3km dan memiliki kapasitas penonton ratusan ribu. Grans stand  seating mempunyai lebih dari 50.000 tempat duduk. Sementara non seated area atau tribun berdiri menampung setidaknya 138.000 orang . Dan infonya , hotel -hotel di sekitar mandalika ini juga sudah banyak yang sold out menjelang event moto GP pada bulan maret nanti . Tiket vvip juga kabarnya sudah sold out lho . Keren ya !

(Bukit seger)


Okee lanjut ! Setelah puas disini perjalanan dilanjutkan kembali dan sekarang saatnya untuk makan siang . Makan siangnya boleh dibilang telat banget kali ini . Dan sepertinya cuaca juga agak mulai mendung :’( . Padahal masih ada destinasi yang akan kita kunjungi . After lunch planingnya kita akan mampir ke kuta beach mandalika sebelum lanjut perjalanan ke bukit merese dan pantai tanjung aan. Finally sempet mampir sebentar di kuta beach mandalika dan saat perjalanan menuju bukit merese cuacanya hujan donks. setelah menimbang , ahirnya diputuskan untuk putar balik saja karena tidak memungkinkan ke bukit hujan-hujanan. Lanjut deh kita pulang menuju kota mataram melewati bypass baru mandalika . So far perjalanan sangat lancar dan kita mampir dulu ke pusat oleh-oleh lombok sekalian kita test antigen untuk kepulangan esok hari . Ohya , untuk tarif test antigen disini di patok seharga Rp.100.000 yah . setelah hasil test keluar dan semua dinyatakan aman kita lanjutkan perjalanan untuk makan malam . Makan malam kali ini bernuansa sunset dinner . Konsep ala-ala jimbaran bali dengan view pantai gitu. Nama tempatnya jelly resto pantai tanjung, senteluk batulayar.

( Senggigi beach ) 


Daaaan akhirnya hari ke 4 di lombok ! Gak ada acara apa-apa hari ini . Kita hanya santai nikmatin sarapan di resort dan aku sempet main sebentar di pantai senggigi sebelum jam 11: 00 wita di jemput untuk berangkat ke bandara . Alhamdulilah Happy ending selamat sampai kembali ke kota bandung :)

(TimegapXnadia)


Ohya buat temen-temen yang mau daftar sebagai provider di aplikasi timegap bisa banget ya . Siapa tau hobi dan skill kita bisa ngasilin uang melalui aplikasi ini. Untuk caranya bisa download aja dulu aplikasi timegap di ios/playstore. Mau di pandu langsung sama aku juga boleh banget . Aku welcome kok :) dan silahkan masukan kode referral TIMEGAPXNADIA jika teman-teman tau info ini dari aku . 

Thanks sudah mampir di blog ini dan see yaaaaa !



Comments

  1. Seruuuunya di lombok.lengkap lagi wisatanyaaaa euyyyy..semoga bisa.kesana juga kapan2.timegap juga okee ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download ya. Daftar jd writer freelancer . Nanti aku ajarin cincayyy

      Delete
  2. sebentar lg menuju ke lombok......

    ReplyDelete
  3. duh belum pernah liburan ke lomboook, penasaran banget sebenernya sama lombok, liat di sosmed bagus bagus banget emang yaa hihihi, semoga suatu hari nanti bisa nih main ke sana hehe

    ReplyDelete
  4. Astagaaa enak banget jalan2 dibayarin, serasa dream come true, 4 hari lagi. Ini dibayarin semua? Atau hanya akomodasi aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua kak :) plus uang saku :) . Cusss kepoin ke Instagram timegap juga atuh :)

      Delete
  5. Lombok memang selalu ngangeni. 2018 lalu aku sama suami ke Lombok naik kapal laut dari Surabaya mbak. Karena konsepnya backpacker, di sana kami sewa motor. Selama 4D3N puas banget muteri pulau Lombok dari Gili Trawangan sampe Mandalika. Masjid Islamic Center keren emang, warnanya kuning dengan interior menawan

    ReplyDelete
  6. Seru ya ke Lombok bareng temen.. Jadi pengen cuzzz ke Lombok nih.. Dah lama banget gak jalan-jalan di Lombok.. terutama ke Mandalika ..

    ReplyDelete
  7. Nanti pas MotoGP mulai start, balik liburan ke Mandalika lagi kak Nad hehe.
    Traveling yang menyenangkan karena bisa ke spot-spot yang keren di Lombok

    ReplyDelete
  8. Semua agenda liburan batal si saat pandemi, semoga lah ya bisa ke lombok segera Aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Biaya Ke Pasar Terapung Lokbaintan Banjarmasin yuk !

Tiket masuk Telaga Biru Cicerem .

Surga di Labuan Bajo