Langkah Nyata PIP UMi Dukung UMKM Indonesia


(Doc workshop & sharing PIP UMi jabar)


 Hallo millenial !

   Tidak terasa sudah 19 hari menjalani awal tahun 2022. Meskipun kita tetap harus masih beradaptasi dengan segala ketidakpastian pasca pandemi , setidaknya kita harus tetap memiliki semangat untuk terus berkarya, berinovasi serta bertumbuh bersama.  Bukan hanya indonesia yang harus berbenah , tapi aku yakin hampir seluruh dunia berbenah dan memulai kembali kehidupan pasca pandemi ini . Pertanyaannya, bagaimana cara untuk kembali bangkit ? Khususnya teman-teman UMKM yang selama ini menjadi bagian yang paling terdampak karena pandemi . 

  Tidak hanya satu - dua berita yang aku dengar , baca bahkan aku lihat di media tentang UMKM Indonesia yang terkena dampak pasca pandemi . Tetapi hampir di setiap kota , pelaku UMKM semua terdampak . Mulai dari penghasilan yang turun drastis , bahkan ada yang sampai gulung tikar dan tutup. Dampak pandemi yang berkepanjangan ini memang tidak bisa diprediksi kapan selesainya. Tetapi untuk membangkitkan kembali UMKM di Indonesia , maka dibutuhkan peran serta dari pemerintah setempat.

  Dan PIP UMi hadir di Indonesia untuk memberdayakan dan men support para pelaku UKMK di Indonesia. By the way , aku dulu mikir bahwa mendapatkan modal pinjaman untuk usaha itu sulit . Selain data diri , kita harus menyertakan ijin usaha , menyertakan data penghasilan setiap bulan dan lain-lain yang membuat aku merasa “wah ini kok ribet ya” . Tapi ternyata setelah mengetahui tentang PIP UMi, untuk mendapatkan modal usaha tidaklah sulit . 


( dokpri/ bersama peserta dan narasumber workshop)


  Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Pembiayaan Ultra Mikro (UMi) memberikan langkah nyata bantuan terhadap pelaku UMKM. Jika selama ini kita sering mendengar program pemerintah seperti bantuan sosial, Kartu Indonesia Pintar , Program Keluarga Harapan dan Kredit Usaha Rakyat yang juga merupakan salah satu bentuk investasi pemerintah dalam bentuk subsidi bunga. Maka, kali ini PIP UMi hadir di tengah - tengah masyarakat khususnya pelaku UMKM dengan segala kemudahan dan kecepatannya. Pinjaman untuk pembiayaan UMi ini maksimum Rp.20 juta per orang dan akan dilengkapi dengan pendampingan. Siapapun Warga Indonesia berhak memperoleh UMi , asalkan sudah memiliki NIK (KTP elektronik ) , dan tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)

  UMi adalah satu solusi untuk semua ! Karena dengan adanya program PIP UMi, maka para pelaku usaha bisa mendapatkan pembiayaan yang mudah dan cepat. Selain itu , salah satu tujuan PIP UMi adalah bisa menambah jumlah pelaku usaha yang menerima pembiayaan. Dan yang terpenting , di sini pemerintah juga dapat mendorong kemandirian pelaku usaha penerima bantuan sosial .

  Tidak hanya sampai disitu , Pemberdayaan Pelaku usaha Ultra Mikro oleh PIP ini juga memberikan pendampingan kepada debitur atau pelaku usaha. Seperti memberikan pelatihan dan pendampingan branding , packaging , dan online marketing. Tahun 2020 shopee & tahun 2021 grab . Selain itu ada bantuan pemasaran produk atau promosi seperti marketplace Belanja Pemerintah : Dit, PKN , Kanwil Jateng, Kanwil Jatim dan Kanwil Lampung. Serta lelang produk secara online oleh direktorat lelang DJKN. 

  PIP UMi juga memberikan pendampingan dan pelatihan pada aspek perijinan , pembukuan , kualitas produk , kapasitas produksi dan pemasaran . Selain itu juga ada support berupa lokasi usaha seperti penyedia lokasi usaha dan pemasaran yang biasa kita kenal dengan sebutan ‘rumah Umi yang saat ini berlokasi di Kanwil DJPb dan perwakilan kemenkeu Malut . Dan yang terakhir ada “kampung UMI” . Kampung UMi adalah salah satu langkah nyata dari PIP UMi sebagai penyedia dukungan yang terintegrasi berbasis c lus ter. Dan saat ini , untuk pilot intinya berada di kabupaten Majalengka , Jawa Barat.

  Dengan adanya langkah nyata dari PIP UMi ini , semoga semakin banyak masyarakat indonesia khususnya pelaku UMKM yang dapat terbantu baik dari segi permodalan dana bantuan sampai pendampingan usaha . Maju terus UMKM Indonesia !!

#PIPUMi #UMiuntuknegeri



Comments

  1. Ya. Ini bisa menjadi solusi bagi para pelaku umkm yang terkendala dengan masalah modal. Sehingga mereka bisa terus mengusahakan bisnis mereka. Keren.

    ReplyDelete
  2. Program UMi dari pemerintah ini sangat membantu ya untuk pelaku UMKM dengan modal yang terbatas.Sukses untuk UMKM Indonesia

    ReplyDelete
  3. Pendampingannya lengkap ya, nggak hanya pembukuan tapi perijinan, penting banget untuk ukm yang di bidang kuliner

    ReplyDelete
  4. Linimassa saya akhir-akhir ini berisi postingan teman yang berhasil mendaftarkan legalitas produknya, seneng deh sekarang UMKM makin dipermudah baik dari sisi pendampingan, packaging hingga akses permodalan

    ReplyDelete
  5. Dengan program seperti ini semoga makin banyak UMKM yang terbantu dan mampu mengembangkan bisnisnya

    ReplyDelete
  6. Dengan program ini ngebantu para UKM yah Kak

    ReplyDelete
  7. Dengan PIP ini semoga bisa membantu pelaku UMKM meningkarkan usahanya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Intip Biaya Ke Pasar Terapung Lokbaintan Banjarmasin yuk !

Tiket masuk Telaga Biru Cicerem .

Surga di Labuan Bajo