Intip Biaya Ke Pasar Terapung Lokbaintan Banjarmasin yuk !

 Haiiiiiiiii .. ! 

Menuju pasar terapung lokbaintan

Kangeeeeeeeen !! Kangen apa nih ? Kangen cerita di blog ini. Gimana ? Sudah bikin resolusi 2022 ?

Atau harapannya masih sama dengan resolusi yang pernah dibuat pada tahun-tahun sebelumnya ? By the waaaaaaay , 3 minggu main ke kota Banjarmasin ternyata gak berasaaaa banget ! Eh berasa Denk, karena gak ada  kamu ! Haha ! 3 minggu di banjarmasin aku puas-puasin jajan sih . Kulineran aja karena sudah kangen makan masakan banjar. Eh tapiiiiii tetap aku explore tipis-tipis di sini , karena yaaa sayang aja gitu kalo gak ke mana-mana . 

Susur sungai 10k/orang

Sebelum main ke pasar terapung lokbaintan , tadinya aku cuma main di “telusur sungai Martapura” . Ini lebih dekat karena untuk dermaga nya berada pusat kota Banjarmasin. Tepatnya di taman siring sungai Martapura , Banjarmasin jalan kapten pierre tandean. Sore- sore iseng main ke sini dan coba telpon “Icha” temen aku. Pas banget saat itu Icha baru beres kerja dan FREE ! Yeeeeaay  kita sekalian meet up lah yaa. Untuk biaya naik kapal “kelotok” disini sangat murah . Hanya Rp.10.000/orang. Dan dengan Rp.10.000 kita sudah bisa nikmati “wisata susur sungai” kurang lebih sekitar 30 menit (PP) . Tujuannya gak jauh, dari dermaga kita akan di ajak keliling wisata sungai Martapura, melewati 0KM nya kota Banjarmasin sampai ke kampung hijau dan kampung biru . BTW, itu dinamakan kampung hijau dan kampung biru karena semua rumah di sana berwarna hijau dan biru :) untuk wisata Susur sungai ini buka setiap hari ya, Bahkan sampai malem :) . Buat yang Suka healing malem-malem boleh banget di coba ! Dan pulang dari Sini jangan lupa mampir  Makan bakso dulu. Hehe !!

Bakso teguh vetran, banjarmasin


Btw , waktu itu juga sempet mau main ke ‘bukit rawa Kerbau “ daerah bati - bati tanah laut . Aku liat liat di instagram spot nya oke juga. Eh tapi gak jadi denk ! Pertama, akses kesana jalan nya lumayan hancur wkwkkw. Kedua, karena emang lagi musim hujan jadi menuju ke lokasi becek dan banjir berlumpur . Jadi mending puter balik aja…..


Jual beli di pasar terapung lokbaintan


Dan finally , setelah ngajak beberapa saudara sepupu di banjarmasin akhirnya kita sepakat main ke pasar terapung lokbaintan. Tempat ini memang ikon kota seribu sungai banget . Rasanya sudah lama banget gak main kesini . Untuk perahu “kelotok” menuju kesini kita bayar ongkos sewa. Jadi hitungannya sewa satu perahu. Ada beberapa pilihan kapasitas . Range harga antara 350-400k/ perahu . Untuk harga 350k bisa muat dengan kapasitas 10 orang penumpang , sedangkan untuk harga 400k bisa menampung sekitar 20 orang penumpang. Dan karena pasukan kita banyak, maka kita putuskan ambil yang 400k. Btw kalo rame-rame gini seru banget dan bisa sharing cost biar lebih hemat. Nah, kalo dulu dermaga nya berada di jalan kuin , sekarang lebih dekat (terutama dari tempat tinggal aku ) . Meeting poin di “soto bang amat” jalan benua anyar . Kita kumpul jam 04.30 pagi. Perjalanan menuju pasar terapung lokbaintan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 60 menit. Lama juga yaaaa wkwkkwwk. Udaranya segeeeeer banget , dan kalo beruntung bisa liat matahari terbit juga. Tiba di pasar terapung lokbaintan sekitar jam 6.15 pagi dan sudah banyak pedagang yang menjajakan jualannya dari “kelotok” . Jadi konsep jual beli nya dari kelotok - ke kelotok gitu aja. No cashless ya disini haha ! Pastiin bawa uang cash ! Ohya, untuk makanan yang dijual disini juga relatif murah . Jajananya banyak banget . Mulai dari berbagai sarapan seperti nasi kuning, nasi kebuli , lapat(buras) , pundut nasi (ini enak !!) dan aneka buah-buahan serta sayuran juga ada disini .


Spill harga makanannyaaa yuks ! 

Nasi kuning ada lho harga 7.500 ! Wow kan .. mayan banget buat sarapan tipis2. Terus kemarin juga jajan pundut nasi harganya 10.000 (dapet 3 bungkus) , untuk buah-buahan kemarin aku jajan jeruk 20.000 dapetnya satu keranjang.. tapi gak bisa di coba ya ! Wkwkkwwk .. jadi manis ato asem ya tergantung nasib dan keimanan kita. Hmm, buah rambutan juga ada, harganya 20.000 dapetnya 3 iket (gak tau deh murah apa mahal kalo ini , kebetulan belum ada jajan rambutan sebelumnya) 

Gimana-gimana ? Terjangkau banget kaaaaaaaaannnnnn .

Soto banjar bang amat

Sekitar jam 7.15 kita otw balik menuju dermaga “soto bang amat” . Dan btw, disini sekalian ada depot soto bang amat yang menjual soto banjar ! Aku yakin banget, tiap ada tamu/ wisatawan yang berkunjung ke banjarmasin pasti pernah mampir makan soto banjar disini . Karena emang enak dan kalo siang akan ada hiburan musik panting (musik khas banjar) . Harga soto banjar bang amat ini RP.25.000/porsi . Minumnya jangan lupa ya pesen es teh manis. Karena disini teh nya pakai teh lokal namanya “teh gunung satria”


ADA KULINER APA LAGI NIH DI BANJARMASIN ? 

BANYAAAAAAK !!!!


Mie yamin banjar, yummie !


Selain soto banjar , kalo main ke banjarmasin wajib banget makan “ketupat kandangan” . Aku kemarin mampir makan di ketupat kandangan kaum yang berada di jalan bumi mas raya banjarmasin. Lauknya pakai ikan haruan (gabus) . Satu porsi harganya Rp 19.000. 


Ketupat kandangan warung kaum

Terusssss, buat pencinta mie alias noodle alias ramen , wajib jajan “ramen banjar” alias mie bancir ! Ini enak juga aku syuka ! Mie bancir ini mie nya gede2 dan kuahnya ada tapi nanggung. Jadi di bilang mie kuah bukan, tapi mie goreng juga bukan. Langganan aku biasanya mie bancir di jalan a.yani km 1 banjarmasin . Harganya Rp 20.000/porsi dan biasanya suiran ayamnya menggunakan ayam kampung. Ada lagi nih , masih buat pencinta mie … wajib cobain mie yamin nya banjarmasin . Mie yamin disini juga besar-besar dan warnanya merah . Bumbunya enak dan biasanya aku jajan mie yamin “pak min” di jalan Soetoyo S Banjarmasin . Untuk harga sekitar Rp 20.000-25.000/porsi . 


Mie bancir khas banjar


Nah , karena dibanjarmasin juga banyak ikan so hampir tiap hari menu makan aku ikan . Dan kalo mau kulineran ikan bakar gini kalian bisa mampir di “ rumah makan banjar fauzan” ada di jalan sultan adam . Range harga Rp 30.0000-35.0000/ orang . Nah satu lagi nasi kuning !! Hehe.. kalo di banjarmasin khas banget biasanya sarapan itu dengan nasi kuning. Dan salah satu nasi kuning favorit aku ada di jalan a.yani km 5 atau di jalan kampung melayu namakanya nasi kuning cempaka. Ini asi sih enak banget. Nasi kuningnya di bungkus dengan daun pisang . Dan lauknya macem-macem mulai dari telur, ayam , daging , haruan , ati ampela dan dendeng. Porsinya buanyak banget . Harganya Rp.24.000/bungkus untuk nasi kuning ati ampela (kemarin pake lauk itu)  daaaaaan, pulang dari banjarmasin menuju bandara jangan lupa mampir dan makan di “nasi itik(bebek) gambut” . Aku biasanya beli nasi itik gambut di “warung tenda biru” . Lokasinya di pinggir jalan raya gambut. Harganya Rp.22.000/ bungkus dan porsinya buanyak banget ! Puas deh pokoknya kenyang banget makan nasi itik disini.

Nasi itik gambut tenda biru

Hmmmmmm .. ampe ngiler nih nulisnya ! Gak bosen memang kalo ngebahas kuliner kota banjarmasin. 

Insyallah april-mei kesini lagi dan siap untuk kulineran lagi ! Wkwkwkwk..


See ya !








Comments

  1. Banjarmasin kota paling aman seindonesia. Pasar terapung sama ya harganya sama kaya pasar tradisional di darat.

    ReplyDelete
  2. Ampun deh... aku paling ngga tahan nih kalau sudah ada list jajanan enak kudu dicobain. Bisa diluar rencana nih, suka kalap akunya hehehe

    ReplyDelete
  3. Soto banjar kuahnya agak bening atau gimana mbak, penasaran sama soto banjar tapi kurang tau rada otentiknya gmn. Olahan ikannya juga bikin nyobain semua

    ReplyDelete
  4. Aku kangen deh ke Kalimantan,pernah ke pasar ini,terus dilanjut sampe pulau apa yah namanya,banyqk monyet di pulau itu.

    ReplyDelete
  5. Eh harganya lumayan murah loh...porsinya juga besar ya.. Salah satu pulau besar yang belum kukunjungi tuh Kalimantan..Nahini makanya jadi pengen banget ke Kalimantan euy...termasuk ke Banjarmasin..

    ReplyDelete
  6. Seru banget naik perahunya kak. Dan murah banget itungannya kl sharing cost gitu. Duh jadi pgn ke Banjarmasin deh.

    Nice tipsnya, berangkat pagi2 biar bs lht sunrise plus aktivitas di pasar setempat, pasar yg bikin fenomenal kayak di RCTI Oke. Hehehe..

    ReplyDelete
  7. Unik dan menarik banget ya pasar terapung ini, di Palembang juga ada sayangnya pas kesana aku gak sempat mampir, padahal pengen banget ngerasain belanja dan jajan sambil naik perahu

    ReplyDelete
  8. tuh kan jadi pengen banget ke kalimantan nih dan menikmati segala keindahan yang ada apalagi yang khas dn unik gitu

    ReplyDelete
  9. Selama ini aku tau-nya pasar terapung itu di tv saja.Nah,baca cerita lengkapnya baru di blog ini. Suasana yang menyenangkan ya bisa belanja aneka makanan dari perahu sambil foto-foto. Kapan ya aku bisa kesana? my dream destinasi

    ReplyDelete
  10. Kulinernya ini loh yang menarik...hahaha. Kalau urusan perut emang gak diragukan lagi, btw aku kalau naik perahu kecil tu jujur takut banget mbak... padahal seru ya...

    ReplyDelete
  11. Woaah waktu ke Banjar saat pandemi lalu aku gak sempat susur sungai soalnya sedang gak beroperasi. Ke Museum juga tutup semua. Jadi jalannya ke Masjid-masjid aja. Untung semua kuliner di atas sudah dicobain. Nasi Itik Tenda Biru rasanya mengesankan ya

    ReplyDelete
  12. Susur sungai nya murmer ya 10 ribu saja. Aku baru tahu kalau mau ke pasar terapung mending ramai2 ya karena lumayan juga sewa klotok nya. Semua kuliner nya menggiurkan euy. Malam2 perutku langsung keroncongan bacanya. Anyway di jogja salah satu kuliner favoritku ada soto banjar depan gereja kridosono. Penasran rasanya sama ga dg soto banjar di Kalimantan aslinya

    ReplyDelete
  13. Enak ya jalan - jalan.
    Kunjungin juga kota ku dong https://www.edsaed.eu.org/2021/10/rekomendasi-5-tempat-wisata-di-palembang.html

    ReplyDelete
  14. Sharing info tempat oleh2 di banjarmasin juga dong kak, thx

    ReplyDelete
  15. Wah seru ya kelihatannya, jangan lupa mampir kak
    www.helo.my.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tiket masuk Telaga Biru Cicerem .

Surga di Labuan Bajo